Pages

Friday, October 19, 2012

Para pencuri tahu apa yang berharga.

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Pencuri membobol meseum di Amsterdam, Belanda hari Selasa (16/10/2012) dan menggondol lukisan mahal karya Picasso, Monet, Gaugui dan Matisse yang diduga bernilai ratusan juta euro.


Para pencuri tahu apa yang berharga.
-- Chris Marinelloi

Kantor berita AP mengutip polisi Belanda mengemukakan, sejauh ini polisi belum bisa memastikan keberadaan para pencuri dan barang-barang mahal tadi. Namun para ahli lukisan menegaskan, para pencuri ini jelas pakar dan tahu persis apa lukisan yang pantas digondol.

"Para pencuri tahu apa yang berharga," ujar Chris Marinelloi, ahli menyangkut barang-batang seni.

Museum Kunsthal merupakan satu yang terbesar di Belanda dalam menghimpun lukisan karya pelukis terkemuka di Eropa. Lukisan yang diambil adalah koleksi Triton Foundation yang pertama kali dipamerkan kepada public.

Pameran ini berkenaan dengan peringatan 20 tahun museum ini.

Polisi yang menyelidiki rekaman kamera museum memperkirakan pencurian ini berlangsung pukul 3 pagi waktu setempat. Sejumlah saksi mata kini dipanggil untuk diminta keterangan.

Nilai lukisan yang hilang ini diperkirakan mencapai ratusan juta euro jika dijual secara resmi di tempat pelelangan. Semua lukisan ini jelas tidak akan diperjualbelikan secara terbuka karena sudah dicatat sebagai barang curian. Para pencuri kini akan menggunakan lukisan ini untuk meminta tebusan kepada pemiliknya, atau kepada museum dan perusahaan asuransi.


Salah satu lukisan yang dicuri adalah lukisan kubisme karya Picasso, yang disumbangkan pelukis Spanyol itu kepada Yunani pada 1949. Itu dilakukan sebagai tanda terima kasih kepada rakyat Yunani atas perlawanan mereka terhadap pasukan pendudukan Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

Satu lukisan lagi adalah lukisan cat minyak dari tahun 1905 bergambar pemandangan dan kincir angin karya Piet Mondrian, yang di kemudian hari dikenal dengan lukisan-lukisan abstrak linearnya.

Satu lukisan lagi adalah gambar sketsa sosok St Diego de Alcala menggunakan tinta dan pen, karya pelukis abad ke-16 dari Italia, Guglielmo Caccia. Satu lagi lukisan Mondrian berhasil dilepas dari piguranya, tetapi tidak sempat dibawa lari oleh para maling.


Spoiler for Stolen: Claude Monet's Waterloo Bridge was one of the paintings taken last night:



Spoiler for Painted by masters: Woman with Eyes Closed by Lucian Freud:



Spoiler for Tete d'Arlequin by Pablo Picasso:



Spoiler for Famous: Charing Cross Bridge by Claude Monet is part of the French impressionists London series:



Spoiler for Gone missing: A Dutch police handout of Paul Gaugin's Femme devant une fenetre ouverte, dite La Fiancee:



Spoiler for Lost art: Both La Liseuse en Blanc et Jaune by Henri Matisse:



Spoiler for Autoportrait by Meyer de Haan disappeared from Kunsthal, Rotterdam on Tuesday morning:





Pencuri berhasil mencuri Lukisan dalam waktu kurang dari 8 menit dan sudah direncanakan dengan sangat matang...


Source : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16978928

0 comments:

Post a Comment