Pages

Thursday, November 1, 2012

Beningnya sungai setaban




Quote:akhirnya setelah sebulan lebih numpang hidup di kampung orang, balik lg ke kota Tepian. kalo orang banyak berpendapat "Masa SMA adalah masa yg paling indah", ane cuman bisa kasih pendapat kalo masa KKN itu nggak kalah indahnya dengan masa SMA. KKN ini program wajib bagi mahasiswa s1 gan.

singkat cerita nih, ane ngambil KKN di Kabupaten Malinau. salah satu kabupaten di kalimantan timur yg letaknya di jazirah belahan utara. ntar lebih lanjut mungkin bakal gabung ke provinsi kalimantan utara. btw, setelah pengundian lokasi secara lebih spesifik, ane ditempatin di Kecamatan Mentarang tepatnya di Desa Lidung Kemenci. sengaja ngambil lokasi yg jauh dari rumah, kalo deketan doang ya nggak ada gregetnya buat ane.

sampe sekarang, sebulan setelah KKN berakhir ada satu hal yg paling ane kangenin. sungainya gan! orang-orang nyebutnya Sungai Setaban. dari tempat ane sekitar 5 km lah.
Spoilerfor AWAS BWK!!:
Spoilerfor view ke hilir sungai:
Spoilerfor view ke hulu sungai:
Spoilerfor nelusurin sungai berdua sama temen ane anak asli Krayan:
Spoilerfor Sungai Setaban:
Spoilerfor bening nggak gan:


Ane takjub begitu diajakin pemuda-pemuda disana mandi di sungai. ane pikir sungainya keruh, ternyata bersih dan airnya seger gan. sekarang udah di Samarinda jd bingung mau mandi di sungai yg bersih kaya' gitu tapi dimana ya?

Satu hal yg ane pelajarin, sebenernya Malinau itu lebih luas daripada Samarinda. Potensi sumber daya alamnya juga besar. Akan tetapi masyarakat disana sadar sepenuhnya bahwa ketergantungan hidup manusia akan alam itu cukup tinggi. dengan rusaknya alam, maka kehidupan manusia pasti akan terganggu.

bisa diliat kalo di tepi-tepi sungainya masih hutan. emang masih hutan gan. terus di dasar sungainya bebatuan, tp yg perlu diwaspadai kalo pas malam hari hujan pasti besoknya (orang sana bilang) air lg besar alias debitnya melimpah. tp itu nggak ngurangin jernihnya air, maklum masih bebas dari polusi dan kita do'akan saja semoga Sungai Setaban ini masih bisa diwariskan ke anak cucu mereka kelak.

0 comments:

Post a Comment