Pages

Friday, November 9, 2012

Sungai Terpanjang di Indonesia


#7 Sungai Bengawan Solo
 
Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang yg ada di Pulau Jawa (namun bukan terpanjang di Indonesia ya gan). Panjang sungai ini mencapai 548 km. Hulu sungai ini berada di daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri (Jawa tengah) dan bermuara di Gresik (Jawa Timur). Adapun daerah yg dilewatin sungai ini mulai dari Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten, Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan akhirnya Gresik.
 
#6 SUNGAI MAMBERAMO
  
Sungai Mamberamo merupakan sungai terpanjang di Papua, dengan total sepanjang 670 km. Sungai ini ada di Kabupaten Sarmi. Sungai ini punya potensi listrik bertenaga air terbesar di Indonesia dan bio etanol yg melimpah ruah gan. Kondisi geologinya juga sarat akan bahan galian seperti emas, tembaga, bauksit dan nikel. Jadi nggak heran kalo sungai ini disebut-sebut sebagai AMAZON-nya Indonesia.
 
#5 SUNGAI MUSI
 
Sungai Musi disebut juga sebagai Batanghari Sembilan, yg artinya Sembilan Sungai Besar. Panjang sungai ini mencapai 750 km dan membelah Provinsi Sumatera Selatan dari arah timur ke barat termasuk membelah kota Palembang. Kalo jembatan yg membelah Sungai Musi ini namanya Jembatan Ampera gan. Jembatan ini panjangnya lebih dari 1 km dan lebar kurang lebih 22 m. Diresmi'in sama presiden RI yg pertama dan bahkan menjadi jembatan terbesar pada masa itu.
 
#4 SUNGAI BATANGHARI
  
Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan total panjang mencapai 800 km. Sungai yg ada di Provinsi Jambi ini sebenernya potensial dijadiin "river cruise" alias pesiar sungai. Kan keren tuh gan, sore-sore sambil nikmatin sunset naek pesiar di atas sungai. Cuman sayangnya belom ada pegelolaan yg mantap.
 
#3 SUNGAI BARITO
  
Sungai Barito merupakan sungai terpanjang ketiga di Indonesia dengan total panjang 900 km gan. Sungai ini ada di Provinsi Kalimatan Selatan. Satu hal yg unik dari sungai ini adalah kegiatan pasar terapung. Jadi transaksi antara penjual dan pembeli terjadi di atas perahu-perahu kecil gitu. Ane pernah ke Banjarmasin tp belom liat sungai dan aktivitas pasar terapung ini gan, one day maybe.
 
#2 SUNGAI MAHAKAM
  
Nah, kalo yg ini sungai di kota ane gan yaitu Sungai Mahakam. Sungai sepanjang 920 km ini punya hulu di Kecamatan Long Apari (di Kab. Kutai Barat sana gan) dan bermuara di Selat Makassar. Sebenernya kalo dikelola dengan maksimal, bukan mustahil wisata pesiar juga bisa dieksplor dari sungai ini. Soalnya makin ke hulu makin eksotis gan. Dulu, di sungai ini ada satwa yg dilindungi yaitu lumba-lumba air tawar atau lebih dikenal dengan Ikan Pesut. Tapi sekarang sepertinya udah jarang banget ditemuin gan, ane aja puluhan taon hidup di Samarinda belom pernah liat sosok aslinya ikan pesut mahakam seperti apa. Kalo di Samarinda, Sungai Mahakam ini membelah Samarinda dengan Samarinda Seberang.
 
#1 SUNGAI KAPUAS
 
 Dan sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai yg ada di Provinsi Kalimantan Barat ini punya total panjang 1.178 km. Sungai yg juga dikenal dengan nama Sungai Batang Lawai ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakat terutama masyarakat Dayak dan Melayu yg tinggal di sepanjang aliran sungai ini gan.

0 comments:

Post a Comment